LDK Cahaya Islam STAIN Curup Terdepan Dalam Amal dan Ilmu

Assalamualaikumwrwb ! Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, "Sesungguhnya Alloh menyukai orang-orang yang berperang di jalanNya dan berada dalam barisan yang teratur seolah-olah mereka seperti bangunan yang tersusun kokoh. (Asshaf:4) !

Minggu, 29 Mei 2011

JANGAN SAMPAI DAKWAH INI HANCUR DI TANGAN AKTIVIS DAKWAH?

Hal yang membuat saya sedikit meratapi kegagalan saya selama ini adalah tentang ruhiyah yang saya miliki. Terkadang pernah saya mendengarkan tausiyah dari ustad yang begitu panjang lebar tapi tidak berkesan sedikitpun di hati terkadang juga pernah mendengar nasehat dari seorang teman meski singkat tapi begitu menyentuh di hati. Setelah di jelaskan dalam pertemuan itu oleh Murabbi, baru lah saya tersadarkan ternyata semua itu tergantung pada ruhiyah kita. Tampilan kita sesungguhnya adalah ruhiyah kita, sepanjang dan sebagus apapun kita retorika, pidato, tilawah dll tapi ketika ruhiyah kita gersang, hambar, dan bermasalah maka pendengar atau mad’u akan merasakan hal yang sama, mereka akan merasakan ke gersangan dan kehambaran dalam mendengarkan kita berbicara.
Dalam jama’ah dakwah ini ada dua kekuatan utama yang harus kita jaga. kekutan ruhiyah, meski setinggi apapun jabatan kita dalam jama’ah dakwah ini ketika ruhiyah bermasalah maka akan bermasalah pulalah nantinya. Saya terkadang berpikir mengapa begitu sulitnya mengajak dan mengkader orang lain, mau ikut Pinguin susah, ajak Demo susah, turun aksi susah, cari dana susah dan semua nya terasa begitu susah. Ternyata memang mungkin ruhiyah saya yang bermasalah karena terlalu jauh dari Allah, sehingga Allah pun menjauh dan tidak turut mencampuri urusan dakwah ini. Tidak ada urusan yang berat didunia ini ketika Allah hadir dan ikut campur dalam kegiatan kita, mungkin saja tilwah saya masih kurang, qiyamullailnya jarang, shaumnya belum lancar dan mungkin masih banyak lagi masalah yang lainnya,Yah mungkin memang seperti itulah adanya, semoga kedepannya saya mampu lebih baik dari sekarang ini, dan saya berharap kita semua bisa menghidupkan ruhiyah kita agar kemudahan dalam jama’ah ini di berikan oleh Allah, karena sesungguhnya mengemban amanah dakwah ini seperti menggenggam bara api di tangan kita, tidak akan ada manusia yang sanggup mengemban amanah ini gunung saja akan hancur apalagi manusia.
Kekuatan jama’ah yang kedua adalah Ukhuwah, apa artinya jama’ah dan ruhiyah yang bagus jika ukhuwahnya juga bermasalah. Layaknya sebuah bangunan, seharusnya kita saling melengkapi, ketika tangan terluka kepala, kaki dan seluruhnya akan turut merasakan sakit. Mungkin saja selama ini saya kurang memperkuat ukhuwah sehingga belum mampu merasakan penderitaan dari ikhwah yang lain bahkan tidak merasakan susah ketika yang lain susah, mungkin kurang silaturahmi dengan ikhwan yang lain sehingga ketika ada permasalahan cendrung berpikir negative terhadap mereka. Bagaimana mungkin jama’ah dakwah ini akan solid dan kuat jika para penggeraknya saja saling bersu’uzon dengan yang lainnya, tidak saling perduli dengan masalah saudaranya, sering ghibah, dan lain sebagainya.
Saya benar-benar merasakan adanya kekosongan dalam diri ini, mungkin terlalu banyak memikirkan pribadi sehingga dengan begitu mudahnya saya mengabaikan jama’ah dakwah ini. Saya berharap tidak ada orang lain yang melakukan kebodohan seperi yang saya lakukan selama ini. Saudaraku, jangan sampai dakwah ini hancur di tangan para aktivis dakwah. Saya berharap kita semua mampu memperbaiki diri kita sendiri dengan membersihkan jiwa kita, memperkuat ruhiyah dan ukhuwah kita. Semoga dengan jalan seperti itu kita mampu menghidupkan dan memperkuat jama’ah dakwah ini dengan senantiasa mengaharapkan campur tangan Allah.
Mungkin inilah ilmu baru yang saya dapatkan pada hari ini yang bisa saya bagikan meski masih banyak lagi hal baru saya dapatkan, namun seklumit inilah yang hanya bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat khususnya saya pribadi dan bagi pembaca sekalian. Wallahu ‘alam bissawab (copas dari salah satu blog ikhwan).

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites